Sabtu, 10 September 2011

MOTORIK HALUS PADA NEWBORN DAN INFANT

MOTORIK HALUS PADA NEWBORN DAN INFANT

Perkembangan gerkan ( motorik ) adalah semua gerakan yang mukin dilakukan oleh seluruh tubuh. Dengan perkembangan motorik diartikan sebagai perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh, dan perkembangan tersebut erat kaitannya dengan perkembangan dari pusat motorik di otak.

Gerakan halus, hanya meletakkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil, karena itu tidak memerlukan tenaga. Gerakan halus ini memerlukan koordinasi yang cermat. Contohnya gerakan mengambil sesuatu benda dengan hanya menggunakan ibu jari dan telunjuk tangan, gerakan memasukan benda kecil kedalam lubang, membuat prakarya ( menempel, menggunting ), menari, menggambar, menulis, dll.

Melalui latihan-latihan yang tepat gerakan halus ini dapat ditingkatkan dalam hal kecepatan, keluesan, dan kecermatannya, sehingga secara bertahan seorang anak akan bertambah mahir dan terampil melakukan gerakan-gerakan yang diperlukan guna penyesuaian dirinya.

ASPEK YANG DI KEMBANGKAN

UPAYA PEMBINAAN YANG DILAKUKAN

ALAT BANTU

1. Menjangkau, mencekam, memasukkan benda kemulut.

Memberi kesempatan kepada anak sesuatu benda, misalnya: cangkir-balok dan alat permainan kalau si anak sedang diletakkan terlentang berikan alat-alat permainan gemerincing, cangkir plastic atau alat permainan yang biasanya dapat digigit-gigit (yg tidak membahayakan anak)

Kesempatan semacam ini dapat diulang-ulang, dengan demikian anak akan lebih cekatan/terampil. Kalau alat permainan (cangkir) itu kita letakkan agak jauh dari jangkauan, kemudian alat permainan (yg berbunyi, menarik) kita goyang-goyangkan biasanya akan menarik perhatian anak. Biasanya anak akan menggarak-gerakkan badan atau berusaha meraih alat permainan tersebut.

Setelah si anak dapat meraih benda tersebut, biasanya mereka ingin/berusaha memasukkannya ke dalam mulutnya. Maka hendaknya ibu berusaha, segala sesuatu yang dipegang si anak adalah benda bersih.

Si anak pada saat/ biasanya periode ini menyelidiki benda-benda yang dipegangnya selain diraba juga dengan memasukkannya ke dalam mulut.

- Cangkir

- Balok-balok

- Gemerincing

2. Mengenal benda dengan menggunakan jempol dan satu jari.

Berikan kesempatan anak meraih benda-benda yang kecil. Tetapi sebelumnya beri kesempatan melatih kegiatan yang nomor 1.

Berilah kepada si anak mengambil benda kecil, biasanya mereka akan mencoba menggunakan jempol atau telunjuk.

Berikan kepada mereka potongan biscuit, roti atau kue kering yang lain,biasanya lalu dimasukkan ke dalam mulut. Kalau hal ini sering kita lakukan, si anak akan lebih terampil.

- Cangkir plastic balok

- Potongan biscuit (makanan yang tidak membahayakan)

3. Memindahkan benda dari tempat satu ke tempat lain.

Apabila si anak sedang memegang suatu benda pada satu tangan, berikan benda lain yang menarik. Mungkin benda pertama yang dipegang akan dilepaskan. Kita mencoba agar ia memindahkan benda yang telah dipegangnya ke tangan yang lain.

Ulangilah kegiatan ini sehingga anak terbiasa bila diberi sesuatu benda yang lain ia memindahkan benda pertama ke tangan yang lain.

- Alat permainan yang mudah di pegang.

4. Menjatuhkan benda permainan dan memungutnya kembali.

Jika si anak menjatuhkan suatu benda, kita tidak mengambilnya, tetapi menyuruh dia memungut benda itu kembali.

- Alat permainan yang mudah di pungut : boneka,balok.

PERTUMBUHAN RATA-RATA SELAMA TAHUN PERTAMA

Usia 1 Bulan

- Psikologi lebih stabil dari pada waktu lahir

- Menggerak-gerakkan tangan sambil mengepalkannya

- Tatapan sesaat yang mendalam pada benda-benda dan wajah manusia

- Sering dalam posisi TNR dan reflex moro cepat

- Bisa memiringkan kepala waktu tiarap tapi tak bisa mengangkat kepala

- Bereaksi terhadap bunyi lonceng, ketukkan.

- Waktu tiarap membuat gerakkan merangkak.

- Punya reflex menghisap

- Terdapa koordinasi menghisap, menelan dan bernafas.

Usia 2 Bulan

- Refleks moro masih cepat

- Masih dalam posisi TNR

- Ada reaksi visual terhadap pola

- Koordinasi mata terhadap cahaya dan benda

- Mengikuti benda secara vertical dan horizontal

- Memberikan reaksi pada benda yang di letakkan di depan muka

- Mendengarkan suara dengan aktif

- Bisa mengangkat kepala sebentar dari posisi tengkurap

- Berbaring dari miring ke terlentang

- Bisa menelan makanan yang kental

Usia 3 Bulan

- Posisi TNR dan reaksi moro hilang dengan cepat

- Menggunakan tangan dan kaki serentak, tapi tidak secara terpisah

- Bisa mengangkat kepala dari posisi tiarap, bisa mengangkat dada

- Bisa mengendalikan kepala dengan wajar

- Mulai membedakan reaksi motorik

- Tangan mulai terbuka dan benda yang diletakkan dalam tangannya dipegang sebebtar untuk diamati, bisa memasukkan benda ke mulut

- Mulai bisa membedakan cara posisi tengkurap atau terlentang

- Refleksi ‘melangkah’ mulai tampak

- Refleks landau mulai muncul

- Mata memandang benda dengan tepat jika didekatkan ke mukanya

- Mempunyai control atas otot yang perlu untuk makan biji-bijian dan buah-buahan

Usia 4 Bulan

- Kesanggupan membawa benda ke mulut

- Mengamati dan bermain dengan tangan

- Menggenggam benda dengan ke dua tangan

- Memalingkan kepala kea rah suara

- Menanggapi benda yang diberikan

- Mata tertuju pada benda kecil

- Mulai koordinasi mata-tangan

- Bisa mengambil benda

- Refleks menyungkur hilang, TNR hilang

- Duduk dengan penopang minimal, dengan kepala dan punggung seimbang

- Berputar dari belakang ke samping

- Aktifitas pernapasan dan mulut terkoordinir sehubungan dengan tali suara

- Menegakkan kepala jika di angkat ke posisi duduk

- ‘Liur’ mulai keluar

Usia 5 Bulan

- Bisa menemukan kembali benda-benda didekatnya

- Berusaha keras mencapai sesuatu

- Genggam dengan seluruh tangan

- Bisa mengangkat benda

- Mulai menggunakan jempol dan jari lain dalam gerakan “menjepit”

- Bisa mengamati dengan lama

- Bisa duduk lama jika badannya cukup ditunjang

- Mulai tanda-tanda tumbuhnya gigi

- Bisa tidur semalaman tanpa diberikan makan

- Reflek morrow dan TNR akhirnya menghilang

Usia 6 Bulan

- Dapat mengambil benda kecil secara langsung dan cekatan

- Bisa mengangkat cangkir dengan memegangnya

- Menggenggam, memegang dan memainkan benda

- Bisa mengangkat badan sendiri keposisi duduk

- Mulai gerakan “menyentak”

- Duduk beberapa saat dengan tunjangan tangan

- Jika tengkurap, menyanggah berat dengan tangannnya

- Bisa membalikkan badan seluruhnya

Usia 7 Bulan

- Bisa memindahkan benda dari satu ke tangan lain

- Memegang benda dalam satu tangan

- Makan makanan padat dan bersikap menyelidiki terhadap makanan

- Bisa membanting benda

- Genggaman dengan telapak tangan hilang

- Menahan berat jika dalam posisi berdiri

- Duduk sendiri untuk waktu sebentar

- Berguling dengan cekatan

Usia 8 Bulan

- Bisa membunyikan lonceng dengan maksud tertentu

- Bisa makan dengan tangan

- Mulai tumbuh gigi

- Duduk sendiri dengan baik

- Bisa melepaskan benda atas kemauan sendiri

Usia 9 Bulan

- Bisa bangkit untuk duduk

- Merayap atau merangkak mungkin mula kebelakang

- Mencoba kemampuan motorik yang baru berkembang

- Bisa memegang botol sendiri

- Minum dari cangkir atau gelas dengan pertolongan

- Mulai menunjukkan pola tetap dalam BAB dan BAK

- Kemampuan yang baik menggunakan jempol dan jari untuk menjepit

- Merentangkan tangan untuk meraih kaki dengan bantuan

Usia 10 Bulan

- Bisa mengotak-atik benda

- Berusaha berdiri

- Menggunakan telunjuk untuk mengorek-ngorek dan menggunakan jari dan jempol untuk memegang benda

- Refleks telapak kaki hilang

- Reflex menegakkan leher hilang

- Duduk tanpa penopang, mudah memulihkan keseimbangan

- Berdiri tegak dengan berpegangan pada kursi

Usia 11 Bulan

- Bisa bermain-main dengan krayon

- Bisa mendorong mainan

- Bisa menaruh beberapa mainan dalam tabung, melepaskan benda atas kemauan sendiri

- Berdiri dengan bantuan

- “menjelajahi” bangku,kursi dan peralatan rumah tangga disekitarnya

Usia 12 Bulan

- Membalik-balik halaman buku

- Bisa membuat tanda dikertas

- Tanda babinski hilang

- Mulai berdiri sendiri dan bertatih

- Menjelajahi sekitar bangku, kursi dan peralatan didekatnya

- Lekuk dipinggang mulai tampak.

- Penguasaan tangan mulai jelas

- Bisa memakai sendok waktu makan

DAFTAR PUSTAKA

Departemen Kesehatan RI. 1985. Pedoman Bina Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Bakti Husada

Isa, Mohamad. 1985. Beberapa Segi Pemeliharan- Perawatan Bayi dan Anak. Jakarta : Pusdiklat Departemen Kesehatan RI Japan International Cooperation Agency (JICA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar